Update saluran TV Digital DVB-T2 yang bisa ditangkap di wilayah Jakarta tahun 2019



TV digital DVB-T2 tahun 2019 ini masih belum semua TV nasional bisa ditangkap lewat saluran digital ini. Masih tidak ada saluran dari MNC Group seperti RCTI, MNCTV, dan Global TV di TV digital. Namun beberapa TV nasional sudah bersiaran di TV Digital seperti SCTV, Indosiar, TV One, Antv, Trans TV, Trans 7, TVRI dll.

TV yang ditangkap di TV digital gambarnya lebih tajam dibanding siaran TV analog. Untuk menikmati TV digital, pengguna bisa menggunakan Set top box (semacam decoder) yang disambungkan ke perangkat TV dengan menggunakan antena biasa, antena UHF. Ada juga perangkat TV yang sudah tertanam perangkat agar bisa menangkap siaran digital. Siaran televisi digital ini juga sudah dilakukan di negara-negara lain seperti negara-negara Eropa, Jepang dll.

Saat ini ada total 31 saluran digital DVB-T2 yang bisa ditangkap di wilayah Jakarta. Sebelumnya saya sudah menulis  Daftar Saluran /Channel TV digital DVB-T2 yang bisa ditangkap di Jakarta di link ini (tahun 2016).  Ada sedikit saja perbedaan dari yang saya tulis di daftar terbaru ini.




Berikut saluran TV Digital DVB-T2 yang bisa ditangkap di wilayah Jakarta tahun 2019 :
CH44 (658000 KHz): SCTV HD, IVM HD (Indosiar)
CH32 (562000 KHz) : BNTV, Magna TV, Metro TV HD, Metro TV, BBS TV
CH34 (578000 KHz) : TV One Digital, ANTV Digital, Sport One, TVOne 2
CH36 (594000 KHz): Berita Satu, Berita Satu World
CH40 (626000 KHz): Trans TV HD, Trans 7 Dolby, CNN Indonesia, Kompas TV
CH42 (642000 KHz): TVRI Nasional, TVRI DKI, TVRI 3, TVRI Sport HD, DAAI TV, CNN Indonesia, TVMu, Nusantara TV, Tempo TV, Inspira TV, NET. HD, Badar_Digital, KompasTV, Gramedia TV  

Pada TV digital ini, saluran BNTV dan Magna TV masih belum tampak bersiaran. Beberapa TV ada yang memiliki lebih dari satu saluran dan beberapa saluran sudah menyiarkan siaran high definition (HD). Saluran Trans TV dan Trans 7 sepertinya masih belum seluruhnya bisa ditangkap di wilayah Jakarta karena masih ada beberapa yang mengeluhkan tidak bisa menangkap saluran itu.

Selain wilayah Jakarta, saluran TV Digital juga bisa ditangkap seperti di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kepulauan Riau.  Buat yang tinggal di dearah selain Jakarta bisa ditulis di komentar, Saluran TV digital apa saja yang bisa ditangkap di wilayah masing-masing.

0 Response to "Update saluran TV Digital DVB-T2 yang bisa ditangkap di wilayah Jakarta tahun 2019"

Post a Comment