Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali meninggal dunia



Muhammad Ali petinju legendaris asal Amerika Serikat meninggal dunia pada Jumat (3/6) malam waktu setempat pada usia 74 tahun di kota Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Muhammad Ali sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit setelah mengalami infeksi pernafasan. Selain memiliki penyakit saluran pernapasan,  Muhammad Ali juga memiliki penyakit Parkinson yang sudah dideritanya selama 30 tahun. 

Muhammad Ali ini merupakan petinju legendaris yang  pensiun dari dunia tinju tahun 1981. Muhammad Ali sudah memenangkan pertandingan kelas berat di Olimpiade Roma ketika usianya masih 20 tahun pada tahun 1960.  Kemudian Muhammad Ali meraih gelar juara dunia pertamanya pada 1964 setelah mengalahkan Sonny Liston. Ali sempat  kalah angka dari Joe Frazier di New York, dan harus menyerahkan gelarnya pada 8 Maret 1971. Pada 30 Oktober 1974, Ali merebut kembali gelar juara kelas berat WBC dan WBA setelah menumbangkan George Foreman di Kinsasha, Zaire pada ronde ke 8. Ali juga merupakan petinju pertama yang merebut gelar juara kelas berat sebanyak 3 kali. Ali mengubah namanya setelah bergabung dengan Nation of Islam dan akhirnya memeluk Islam Sunni pada tahun 1975.


Sumber foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Ali

Biodata Muhammad Ali
Nama lahir:  Cassius Marcellus Clay, Jr.;
Tempat Tanggal lahir : Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, 17 Januari 1942
Agama: Islam
Nama Orang tua: ( ayah )Cassius Marcellus Clay, Sr. dan (ibu) Odessa Grady Clay
Saudara: Rahman Ali (adik laki-laki)
Isteri:     Istri pertama: Sonji Roi (menikah tanggal 14 Agustus 1964,   cerai pada 10 januari 1966).     Istri kedua: Belinda Boyd (menjadi Khalilah Ali setelah menikah) ( menikah pada 17 August 1967 cerai Pada tahun 1977), Istri ketiga:  Porche Anderson (lebih dikenal sebagai Veronica Ali) (menikah 1977 cerai 1986),  Isteri ke-4 Yolonda Williams (Lonnie Ali) (menikah 1986 -2016)
Anak-anak:   Maryum Ali,  Jamillah Ali, Rasheda Ali,Muhammad Ali Jr., Hana Ali, Laila Ali, Miya Ali, Khaliah Ali, Asaad Amin,

Kisah hidup Muhammad Ali pernah dibuat filmnya dengan judul  Ali pada tahun 2001.Film ini disutradarai oleh Michael Mann. Pada Film ini Muhammad Ali  diperankan oleh Will Smith.

Muhammad Ali akhirnya wafat pada usia 74 tahun di kota Phoenix, Arizona, Amerika Serikat  pada Jumat (3/6) malam waktu setempat. Muhammad Ali akan dimakamkan di kampung halamannya di Kentucky, Amerika Serikat.

Selamat jalan Muhammad Ali, semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan menerima amal pahalanya.

0 Response to "Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali meninggal dunia"

Post a Comment